Buku Tetap Baru, Begini Cara Mudah Merawatnya

Coba intip sejenak kabinet Anda yang berisi koleksi buku. Apakah tampak debu tebal yang memenuhi permukaan rak? Apakah muncul bercak-bercak kuning pada halamannya? Kemudian, Anda merasa heran. Karena Anda baru saja membelinya beberapa bulan lalu, bahkan belum pernah dibaca!

Anda pun bertanya-tanya, bagaimana cara merawat buku agar tetap terlihat seperti baru?

Buku Tetap Baru Begini Cara 
Mudah Merawatnya
Photo by cottonbro from Pexels

1. Menggunakan Sampul

Buku yang sudah dibaca perlu dibungkus menggunakan plastik transparan agar terbebas dari debu. Pilih plastik yang tebal supaya tidak rentan sobek. Pastikan kondisi luar serta tangan Anda sudah bersih dari kotoran sebelum memberi sampul.

2. Atur Posisi Buku dengan Tepat

Simpan buku-buku yang ukurannya sama ke rak dengan posisi berdiri. Jika memungkinkan, belilah bookends atau penyangga besi supaya buku tidak jatuh miring. Pastikan pula susunan tidak terlalu menempel antara yang satu dengan lainnya. Khusus untuk kover keras, lebih baik diletakkan dengan posisi tertidur untuk menjaga tulang buku tetap kukuh dan lembaran kertasnya tidak mudah copot.

3. Simpan di Tempat Terbuka

Pastikan tempat penyimpanan tidak lembap dan punya sirkulasi udara yang baik. Jangan diletakkan di dalam rak atau kardus tertutup, maupun area yang terkena sinar matahari langsung. Suhu ideal untuk mencegah jamur adalah 19-22 derajat celsius, sementara tingkat kelembapan yang baik adalah 40-50%. Anda bisa mengukur relatif uap udara dengan alat higrometer.

4. Gunakan Bookmark

Jika Anda belum sempat menyelesaikan bacaan dalam sekali duduk, selipkan pembatas halaman yang berukuran tipis. Selain bookmark, Anda bisa menggunakan kartu nama bekas atau bahkan membuat pemisah sendiri. Hindari melipat sudut halaman karena hal ini dapat merusak kertas dan menciptakan jejak kerutan.

5. Tidak Memegang Buku dengan Tangan Kotor

Sepertinya memang enak membaca sembari mengunyah camilan atau minum kopi, tetapi kebiasaan ini bisa membahayakan keselamatan buku Anda. Bayangkan bila Anda tidak sengaja menumpahkan cairan atau meninggalkan remah makanan di sela-sela halaman, pasti menyisakan bercak kotoran yang sulit dibersihkan.

6. Bersihkan Tempat Penyimpanan Secara Rutin

Tidak hanya buku saja yang perlu diperhatikan kondisinya, tetapi rak atau kabinet yang menjadi tempat penyimpanan juga harus dibersihkan. Carilah waktu senggang di akhir pekan untuk mengelap permukaan lemari. Lakukan secara rutin minimal satu bulan sekali agar tidak ada debu yang menempel.

Anda juga bisa menata ulang posisinya supaya lebih enak dipandang. Misalnya diurutkan berdasarkan penerbit, genre, nama penulis, atau warna buku. Selagi menyusun, sesekali bukalah lembaran buku agar tidak ada kertas yang menempel.

7. Gunakan Silica Gel

Ada banyak kamper yang bisa Anda temukan di mini market terdekat. Selipkan beberapa di sudut-sudut lemari agar dapat menyerap kelembapan. Silica gel juga ampuh mengusir bau yang tidak sedap.

8. Jangan Meminjamkan Buku Kepada Orang yang Tidak Bertanggung Jawab

Mungkin Anda akan merasa tidak enak hati, apalagi jika orang yang meminjam koleksi Anda adalah teman terdekat. Jika orang tersebut memiliki sejarah pinjam meminjam yang buruk, tegaslah untuk berkata tidak. Namun, jika Anda tidak punya pilihan lain, pastikan mereka menjaga buku Anda dan mengembalikannya dalam kondisi baik.

Buku Love Cruise Shelter MosaicRile ElexMedia Storial
Novel Fiksi Karya MosaicRile

Nah, jika Anda ingin menambah koleksi, Anda bisa berkenalan dengan novel fiksi berjudul Love Cruise yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Apabila Anda adalah penyuka genre romansa dengan bumbu misteri, cobalah koleksi bacaan berjudul Shelter. Kedua rekomendasi tersebut bisa Anda dapatkan di Gramedia.com atau:

Posted in Blog and tagged , , , , .