Solusi ACCURATE 5 : Status Tidak Terhubung

Pada Accurate 5, sistem licensingnya diatur oleh Accurate License Manager yang berfungsi untuk menyimpan data informasi perusahaan serta license accurate yang dimiliki oleh perusahaan dan juga berfungsi agar proses registrasi dan un-register lisensi Accurate bisa dilakukan.

Status Accurate License Manager (ALM) harus selalu dalam kondisi status TERHUBUNG*. Jika status ALM di accurate Anda TIDAK TERHUBUNG, maka accurate anda bisa mengalami masalah, yaitu salah satu-nya adalah tidak bisa membuka database yang telah melewati masa trial-nya. (*terhubung jaringan LAN dengan komputer yang ter-install ALM)

Accurate Tidak Terkoneksi Ke LM

Apa saja hal-hal yang menyebabkan Accurate berstatus TIDAK TERHUBUNG dengan ALM-nya ?

  1. Komputer tersebut tidak dalam satu jaringan LAN (Local Area Network) dengan komputer yang ter-install ALM. Atau komputer tersebut tidak berada pada lokasi yang sama dengan komputer yang ter-install ALM. Sebagai informasi, ALM ini hanya bisa berfungsi antar komputer dalam satu lokasi dan jaringan LAN yang sama. Jika anda memiliki lokasi penggunaan Accurate yang berbeda, maka kami menyarankan untuk melakukan pembelian starterpack Accurate 5 yang baru.
  2. Ada-nya sistem security pada komputer anda yang mem-blocking ALM. Salah satu contoh sistem security tersebut adalah Windows Firewall yang merupakan sistem bawaan pada Windows, Windows DefenderAntivirus, dsbnya. Anda perlu men-non-aktifkan sistem security tersebut untuk mencegah blocking pada ALM. Sebagai informasi, program antivirus yang memblockin ALM adalah kaspersky, smadav, norton dan microsoft security essential.
  3. IP Address komputer yang ter-install ALM tipenya Dynamic (berubah-ubah). Sedangkan ALM hanya bisa berjalan dengan baik pada IP Address dengan Tipe Static (Tidak berubah-berubah). Klik Disini untuk mengetahui apakah IP Address anda Dynamic atau Static.
  4. IP Address yang digunakan pada jaringan LAN anda tidak sesuai dengan range IP Private Accurate 5.
  5. ALM dan ACCURATE yang terinstall adalah versi lama, silahkan install ALM dan ACCURATE 5 versi paling terbaru, yaitu dengan mendownload aplikasinya disiniUntuk pengecekan versi yang digunakan pada Accurate, anda bisa masuk ke menu Help [Bantuan] | About Accurate [Tentang Accurate]. Sedangkan pada ALM, silakan anda ke komputer yang ter-install ALM kemudian akses ALM dengan mengetikan localhost:6688 pada web browser, dan informasi versi ALM terdapat di pojok kanan atas.
  6. Terinstallnya ALM pada lebih dari satu komputer dalam satu jaringan LAN dan lokasi yang sama. Sebagai informasi, ALM cukup diinstal pada satu komputer saja dalam lokasi/jaringan yang sama. Dan disarankan untuk di-install pada komputer server atau pada komputer yang dinyalakan pertama kali dan dimatikan terakhir kali.

Apabila anda sudah memastikan tidak berada dalam kondisi yang disebutkan diatas dan status ALM masih tidak terhubung, maka ikuti langkah-langkah berikut ini (NOTE : lakukan langkah-langkah ini secara bertahap sesuai urutan) :

  1. Pada komputer ALM buka Control Panel | Administrative Tools | Services | ACCURATE5 License Manager | Restart service ini,
  2. Akses ALM melalui komputer yang ter-install ALM yaitu dengan mengetikan localhost:6688 kemudian Enter pada web browser. Dan pastikan ALM bisa ter-akses pada komputer yang ter-install ALM.Akses ALM dari Komputer Yang Ter-install ALMJika ALM tidak bisa di-akses pada komputer yang ter-install ALM, silakan install ALM pada komputer tersebut. Kemudian akses ALM-nya kembali, jika sudah bisa diakses, coba akses komputer yang bermasalah tersebut, apakah Accurate sudah terhubung dengan ALM ? Jika sudah terhubung, anda tidak perlu melakukan proses ke langkah selanjutnya.
  3. Pada komputer Client, buka Control Panel | Administrative Tools | Services | ACCURATE5 License Service | Restart service ini.sL
  4. Lakukan cek Ping dari komputer yang bermasalah ke komputer yang ter-install ALM. Hal ini bertujuan untuk memastikan kedua komputer tersebut sudah terhubung dengan baik dalam jaringan LAN yang sama.Cek ping dilakukan pada komputer yang bermasalah, buka Command Prompt pada Windows (ketikan CMD pada kolom search lalu enter), kemudian ketikan Ping<spasi>[Ketikan IP Address komputer ALM]<spasi>-t lalu klik Enter.Sebagai ilustrasi : ALM ter-install di komputer dengan IP Address 192.168.1.23, maka ketikan seperti pada tampilan digambar berikut ini.Cek Ping Ke Komputer ALMPastikan respon yang tampil adalah Reply from <informasi IP Address> bukan Request Timed Out atau Destination Host Unreachable. Seperti pada tampilan gambar berikut.Respon Cek Ping Ke Komputer ALMJika respon dari cek ping tersebut adalah Request Timed Out atau Destination Host Unreachable, maka ada permasalahan dengan jaringan LAN anda. Untuk itu, silakan untuk menghubungi tim IT anda untuk melakukan pengecekan jaringan LAN dikantor anda.
  5. Selanjutnya jika sudah lakukan cek ping dan responnya adalah Reply from dan status ALM masih tidak terhubung, lakukan akses ke ALM melalui komputer yang bermasalah yaitu dengan mengetikan IP Address computer yang ter-install ALM dan diakhiri dengan :6688 pada web browser. Sesuai ilustrasi ketikan : 192.168.1.23:6688.Akses ALM Melalui Komputer LainJika ALM bisa diakses, coba untuk buka Accurate anda, apakah sudah terhubung ALM-nya ? Jika statusnya sudah terhubung, namun Accurate anda masih un-register, silakan lakukan un-register melalui ALM kemudian lakukan proses registrasi ulang.

Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dan status ALM pada Accurate anda masih TIDAK TERHUBUNG, silakan hubungi tim support kami melalui email di support@cpssoft.com dengan menyertakan hasil tampilan atas langkah-langkah yang sudah anda lakukan tersebut, sehingga tim support bisa melakukan analisa lebih lanjut terkait permasalahan anda.

Posted in News & Tips and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *