Hubungan Romantis Ternyata Banyak Jenisnya, Kamu Harus Tahu!

Setiap hubungan cinta memiliki jenis yang berbeda-beda, lho. Tergantung dengan siapa kamu berhubungan, latar belakangmu dan pasangan, karakteristik, dan banyak faktor lainnya.

Memutuskan untuk merajut kasih dengannya akan membuatmu mendapatkan pengalaman baru.

Karena itu, kamu perlu tahu ketujuh jenis hubungan romantis ini supaya bisa membantumu memahami diri dan pasangan dengan lebih baik.

Tujuh jenis hubungan romantis yang harus kamu tahu www.mosaicrile.com
Photo by Helena Lopes on Pexels.com

Simak, yuk!

The Independent Relationship

Pada independent relationship, masing-masing pasangan punya kontrol penuh atas hidupnya. Kamu bisa mengejar impian dan tujuan hidup selagi memadu kasih.

Namun, jangan sampai kata ‘kita’ berubah menjadi ‘saya’ jika relasimu termasuk jenis ini.

Kemandirian dalam suatu hubungan haruslah memiliki tingkat batasan, sehingga perasaan untuk bermanfaat bagi pasangan tetap ada dan terpelihara.

The Codependent Relationship

Berlawanan dengan hubungan independen, pasangan pada jenis codependent sangat tergantung dengan kekasihnya.

Kamu membutuhkan dirinya untuk memecahkan masalah, bahkan perlu konfirmasinya sewaktu melakukan hal sesederhana apa pun.

Terlalu bergantung pada pasangan bisa memberi efek negatif, nih. Kamu pun jadi tidak mandiri dan sulit mengambil keputusan untuk hidupmu sendiri.

The Long Distance Relationship (Hubungan Jarak Jauh)

Akrab dengan istilah ‘LDR’, hubungan jarak jauh ini disebabkan oleh kondisi yang mengharuskan sejoli berpisah secara fisik.

Jenis hubungan ini termasuk sulit dijalani. Kamu dan pasangan harus bertahan mengatasi berbagai cobaan, seperti cemburu, merasa insecure, juga menahan rasa rindu.

Kuncinya, kamu dan pasangan harus saling percaya, ya.

Friends with Benefits

Situasi ini muncul ketika dua orang yang menjalin pertemanan meningkat ke level yang berbeda layaknya pasangan, tetapi tidak ada komitmen di dalamnya.

Baik kamu dan temanmu sama-sama menyediakan kebutuhan, termasuk kebutuhan seksual.

Jika sejak awal tidak ada batasan yang diterapkan, salah satu pihak bisa-bisa terjerumus atau terbawa perasaan, lho.

The Rebound Relationship

Rebound adalah tipe yang terjalin ketika kedua insan baru memiliki luka hati, bertemu, lalu memutuskan untuk bersama karena saling membutuhkan cinta yang baru.

Relationship ini memberi efek nyaman sekaligus berfungsi menyingkirkan berbagai perasaan terkait sakit hati karena pengalaman cinta yang pahit sebelumnya.

Tugas yang diemban dalam jenis ini yaitu menyembuhkan luka batin satu sama lain.

The Toxic Relationship

Hubungan toksik sering kali sukar dilihat dari luar. Kamu dan pasanganmu akan terlihat bahagia dan baik-baik saja.

Namun, seperti racun, kebersamaan ini menggerogoti dari dalam dan terluka adalah hasil yang kamu rasakan selagi menjalin cinta dengannya.

Kurangnya kompromi dan tidak ada keinginan untuk bersikap memahami bisa menjadi penyebab toxic relationship.

Periksa dan tanyalah hatimu, apakah kamu sebenarnya bahagia?

A Good Fit Relationship (Hubungan Ideal)

Semua orang mengharapkan memiliki hubungan ideal, dan banyak juga yang telah menemukan pasangan hidupnya.

Agar hubunganmu dan pasangan tetap sehat, kamu memerlukan keterbukaan dalam berkomunikasi, saling menghargai juga memahami satu sama lain.

Kenalilah diri sendiri terlebih dahulu sebelum masuk dalam suatu komitmen. Kamu sendiri harus siap membangun relasi dan komitmen dengan orang yang dicintai untuk mencapai hubungan yang seimbang.

Dari Ketujuh Jenis Hubungan Romantis ini, Kamu yang Mana?

Barangkali kamu sedang menjalin hubungan dan memerlukan pendekatan atau gambaran dari ketujuh jenis hubungan cinta di atas, kamu bisa lho mencari tahu dengan membaca novel-novel fiksi yang beredar di toko buku dengan memilih genre romansa.

Coba, deh, kenalan sama novel karya MosaicRile lewat cuplikan berikut:

LOVECONOMICS MosaicRile

“Kadang-kadang, gue berpikir mengenal pria terlalu dekat bakal menimbulkan ketergantungan, lalu mengakibatkan susah move on, dan itu sifatnya menakutkan. Hubungan gue sama Aksen terasa seperti rutinitas yang andai suatu saat harus berakhir, pasti bakalan bikin gue hancur.” Baca selanjutnya: LOVECONOMICS

Posted in Blog and tagged , .