Profesi Menarik di Dunia Penerbitan

Bekerja di industri kreatif tentunya mengasyikkan. Selain bisa memahami seluk-beluk proses penerbitan buku, menjadi salah satu orang yang terlibat di balik layar sebelum buku itu diperkenalkan ke publik juga pengalaman yang sungguh memuaskan. Nah, jika kamu tertarik terjun dalam bidang penerbitan, ada lima profesi menarik yang bisa kamu pertimbangkan sebelum mengirim lamaran, lho.

Apa saja, nih, profesinya?

Profesi Menarik di Bidang Penerbitan
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Profesi Acquisition Editor

Buat kamu yang berjiwa petualang, suka mengamati tren yang sedang berlangsung, dan berkepribadian ekstrover, bekerja menjadi editor akuisisi bisa menjadi pilihan tepat. Karena tugas editor akuisisi adalah berkelana mencari naskah-naskah potensial untuk diterbitkan serta menyiapkan stok naskah agar proses produksi tetap berjalan. Mereka perlu membangun jejaring yang luas dalam rangka mempertemukan para penulis dengan perusahaan penerbitan.

Profesi Proofreader

Pembaca pruf adalah profesi yang tugasnya menemukan kesalahan tik, kesalahan tata letak seperti; penempatan gambar, kesalahan pencantuman data/fakta, dan juga memeriksa konsistensi gaya bahasa. Mereka adalah garda terakhir setelah editor naskah selesai bekerja. Jika kamu termasuk orang yang teliti dan perfeksionis, profesi ini bisa kamu pertimbangkan, lho.

Profesi Layouter

Agar buku yang dicetak terlihat menarik dan enak dibaca, maka diperlukan seseorang yang memahami kaidah tata letak. Mereka akan mengaplikasikan ruang, ilustrasi, foto, garis, warna dan tipografi secara tepat agar desain sebuah buku terlihat menarik dan komunikatif. Layouter pun dituntut untuk menguasai berbagai software, di antaranya: Adobe Photoshop dan Corel Photo Paint. Apakah jiwa kreatifmu tertantang menjadi seorang layouter?

Profesi Book Publisist

Publisis menangani publisitas buku yang sudah terbit. Mereka harus melejitkan sebuah buku, termasuk penulis dan penerbitnya, hingga mampu menarik calon pembeli dan pembaca buku tersebut. Mereka adalah orang-orang yang terampil memanfaatkan media sosial di internet (menguasai blog atau situs) dalam rangka mengangkat sisi terkuat pada buku tersebut di mata publik.

Profesi Ghost Writer

Dikenal dengan sebutan penulis bayangan, mereka adalah orang-orang yang direkrut seseorang/penerbit untuk membantu mewujudkan sebuah ide menjadi buku. Karena keterampilannya dalam merangkai kata-kata, jasa penulis bayangan banyak dipakai oleh orang-orang yang belum punya pengalaman menulis. Namun, nama seorang ghost writer ini tidak akan dicantumkan atau disebut dalam sebuah karya, meskipun tetap akan mendapatkan bayaran sesuai perjanjian.

Itulah beberapa profesi menarik yang bisa kamu selami jika berencana berkecimpung di bidang penerbitan. Semoga bermanfaat, ya!

Oleh: MosaicRile

MosaicRile menulis buku Love Cruise (Elex Media, 2020), Shelter (Storial, 2021), dan Loveconomics (Cabaca.id, 2021). Kamu bisa membaca buku-buku MosaicRile di sini.

MosaicRile juga senang berbagi tips kepenulisan, follow Instagram @mosaicrile, yuk!

Posted in Blog.